Thursday, May 2, 2013




IPS kelas 5 semester 2
Standart Kompetensi : Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan  Indonesia
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajah Belanda dan Jepang

VOC BELANDA di INDONESIA
Bangsa Eropa melakukan jelajah samudera pada Abad ke –15
Tujuan bangsa Eropa melakukan jelajah samudera antara lain
1. Kekayaan
2. Kejayaan
3. Penyebaran agama Nasrani
Bangsa Eropa membutuhkan rempah-rempah digunakan untuk :
1. Obat-obatan
2. Penyedap makanan
3. Pengawet makanan


Bangsa Eropa memilih Indonesia sebagai tempat tujuan utama mencari rempah-rempah karena Negara Indonesia terkenal penghasil rempah-rempah yang bagus dan murah. Tujuan awal bangsa Eropa ke Indonesia yaitu berdagang dan mencari rempah-rempah kemudian menjajah. Bangsa Eropa yang pernah di Indonesia ialah Potrugis, Inggris, Spanyol, dan Belanda (PIS-B).
Rute perjalanan Belanda datang ke Indonesia adalah Belanda-Pantai Barat Aprika-Samudera Hindia-Tanjung Haraapan/Selat Sunda-Banten. Lama pelayaran Belanda ke Indonesia selama 14 bulan.
Pemimpin Belanda datang ke Indonesia yang pertama ialah Cornelis de Houtman dan Pieter Keyzer. Pemimpin Belanda datang ke Indonesia yang kedua ialah Jacob van Neck dan Warwijk.
Belanda datang ke Indonesia yang pertama pada  tanggal 22 Juni 1596 di Banten. Dua tahun kemudian, Belanda datang ke Indonesia yang kedua pada tahun 1598.
Tujuan utama bangsa Eropa ke Indonesia yaitu pulau Maluku. Misi Belanda pertama gagal melanjutkan perjalanan ke Maluku karena Adanya perlawanan dari rakyat dan penguasa Banten.Belanda pertama pulang ke Belanda melalui pulau Bali.Belanda yang datang kedua banyak membawa pedagang sehingga terjadilah persaingan antar pedagang.Untuk menghindari perseteruan antarpedagang Belanda, mereka melakukan Kongsi. Kongsi tersebut disebut VOC. Kepanjangan VOC ereegnigde Oostindische Compagnie. Vereegnigde Oostindische Compagnie artinya Persatuan Dagang  Hindia Timur.Orang Indonesia menyebut VOC Kompeni Belanda.
VOC didirikan pada 20 Maret 1602.Gubernur VOC yang pertama yaitu Pieter Both tahun 1610 di Maluku.Gubernur VOC yang kedua yaitu Jan Pieterzoon Coen tahun 1619 di Batavia pusat VOC di Indonesia. Jan Pieterzoon Coen memindahkan VOC ke Batavia yaitu lebih strategis dan dekat dengan Selat Sunda.
Tujuan VOC, yaitu :
1. Menghindari persaingan dagang antarpedagang Belanda.
2. Memperkuat persatuan untuk menghadapi persaingan dengan pedagang bangsa Eropa (Portugis, Inggris, dan Spanyol).
3. Memperbaiki dan membantu perekonomian Belanda yang sedang melawan Spanyol.
Pemerintah Belanda memberikan hak khusus kepada VOC disebut Hak Octrooi.
Isi Hak Octrooi :
1. Hak mencetak uang sendiri
2. Hak mendirikan benteng dan membentuk tentara
3. Hak melakukan perundingan dengan raja-raja di Indonesia.
4. Hak mengangkat gubernur jendral
5. Hak monopoli
Adanya Hak Octrooi, VOC semakin kasar terhadap rakyat Indonesia khususnya di Maluku. Di Maluku VOC mengadakan patroli laut yang disebut Pelayaran Hongi.Tujuan pelayaran Hongi adalah Untuk menangkap dan menghukum rakyat yang menjual/menyelundupkan rempah-rempah ke pedagang lain (Portugis dan Inggris).Kekejaman dan kekasaran VOC menimbulkan perlawanan oleh Rakyat.
VOC mengalami kemunduran pada abad ke-19. VOC bubar pada tanggal 31 Desember 1799.
Tanggal 1 Januari 1800 kekuasaan VOC digantikan oleh Pemerintah Belanda.
Masa berkuasanya VOC yaitu 20 Maret 1602 – 31 Desember 1799.
Penyebab VOC bubar :
1. Pengeluaran lebih besar dari pemasukan
2. Korupsi dan gaya hidup mewah pejabat VOC
3. Timbulnya perdagangan gelap yang dilakukan pejabat VOC
4. Besarnya biaya perang yang ditanggung VOC
5. VOC kalah bersaing dengan pemerintah Inggris dan Portugis.

Sejak tahun 1800-1942 Indonesia bernama Pemerintah Hindia-Belanda.
Pemerintah Belanda di Nusantara dipimpin oleh Herman Willem Deandels.
Herman Willem Deandels ditunjuk oleh Kaisar Prancis yang bernama Napoleon Bonaparte.Deandels ditunjuk dengan tugas utama untuk mempertahankan Pulau Jawa dari ancaman Inggris.Langkah Deandels yaitu membangun jalan, pabrik senjata, benteng pertahanan, pangkalan armada di Anyer dan Ujungkulon Banten. Deandels pencetus kerja paksa tanpa upah atau Rodi. Deandels yang dimelakukan kerja paksa ditentang oleh seorang pribumi yang bernama Pangeran Kusumadinata dari Sumedang Jawa Barat. Tahun 1811 Deandels dipanggil Napoleon dan digantikan oleh Jansen. Jansen kalah melawan Inggris pada tanggal 11 September 1811. Kekalahan Belanda atas Inggris dengan penandatanganan Perjanjian Tuntang.
Isi Perjanjian Tuntang:
1. Semua wilayah jajahan Belanda di Indonesia diserahkan kepada Inggris
2. Diberlakukannya sewa pajak atau sewa tanah
3. Sistem kerja rodi dihapuskan
4. Diperlakukannya sistem perbudakan.
Inggris dipimpin oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Raffles pencetus sistem Sewa, pajak tanah, dan perbudakan. Masa pemerintahan Raffles mengembangkan ilmu dibidang Tumbuh-tumbuhan. Untuk mengenang jasa Raffles namanya diabadikan menjadi nama bunga terbesar di dunia yaitu bunga Rafflesia Arnoldi (Bunga bangkai). Berdasarkan Perjanjian London 1814, Inggris harus menyerahkan wilayah Nusantara kepada Belanda.
Penguasa pertama setelah Belanda menguasai Indonesia adalah Van den Bosch.Van den Bosch tahun 1830 menggantikan Van Der Capellen.
Van den Bosch bertugas untuk Mengisi kas Belanda yang kosong akibat perang. Van den Bosch memberlakukan Tanam paksa atau kultuurstelsel.
Van den Bosch menyuruh rakyat menanam Cengkeh, lada, tembakau, pala, dll yang laku dipasaran dunia. Tanam paksa menimbulkan penderitaan rakyat.
Orang Belanda yang menentang tanam paksa ada 4, yaitu
-Douwes Dekker
-Pendeta Baron van Hoevell
-Vitalis
-Fransen van der putte
Douwes Dekker mengecam tanam paksa melalui bukunya yang berjudul  Max Havelaar.

0 comments:

Post a Comment